Rangkuman
Retail
Nama :
Mutia Sabrina Mardias
Kelas :
D. III. MLM 2014
NIM :
2234.14.040
Dosen : Didiet Hidayat
Summary/Rangkuman
Dengan ini saya merangkum hasil dari presentasi saya yaitu “Retail
in Logistic”.
Perdagangan Eceran (Retailing) termasuk semua aktivitas
dalam menjual barang atau jasa langsung ke konsumen akhir untuk kebutuhan
pribadi dan non-bisnis.
Pengecer (retailer) atau toko eceran (retail store) adalah semua badan usaha yang volume penjualannya terutama datang dari penjualan eceran.
Pengecer (retailer) atau toko eceran (retail store) adalah semua badan usaha yang volume penjualannya terutama datang dari penjualan eceran.
Ada 3 macam dalam retailing:
1.
Pengecer Toko (retailing store)
2.
Pengecer Non Toko (reteiling non store)
3.
Organisasi Pengeceran (retailing organization)
Berikut ini adalah katagori dari Retail Toko (Reteiling
Store):
1.
Toko Khusus (Specialty Store)
2.
Toko kelontong (Convenience Store)
3.
Pasar Swalayan (Swalayan Store)
4.
Toko Serba Ada (Department Store).
5.
Toko Super (superstore)
6.
Toko diskon (Discount Store)
7.
Toko potongan harga (Off Price Store)
8.
Ruang Pameran (Catalog Show Room)
Terdapat tingkatan
layanan dalam retail, yaitu:
1. Swalayan (self service)
2. Memilih sendiri (self selection)
3. Layanan terbatas (limited service)
4. Layanan penuh (full service)
Berikut ini adalah katagori dari Retail Non-Toko (Reteiling Non-Store):
1. Penjualan
langsung (Direct Selling).
Disebut juga penjualan multilevel
dan pemasaran jaringan, dengan ratusan perusahaan menjual dari pintu ke pintu
atau kegiatan penjualan di rumah.
Contoh: Amway yang memberi kompensasi persentase penjualan
Contoh: Amway yang memberi kompensasi persentase penjualan
2. Pemasaran
Langsung (Direct Marketing)
Yakni pemasaran surat langsung (pemasaran jarak jauh/telemarketing, pemasaran televisi respon langsung dan belanja elektronik) dan katalog .
Contoh: Amazon.com sebagai situs penjualan online yang sukses
Yakni pemasaran surat langsung (pemasaran jarak jauh/telemarketing, pemasaran televisi respon langsung dan belanja elektronik) dan katalog .
Contoh: Amazon.com sebagai situs penjualan online yang sukses
3. Mesin
Otomatis (Automatic vending )
Menawarkan berbagai barang, seperti minuman ringan, kopi, permen, surat kabar,
majalah, dan lain-lain di berbagai tempat.
Contoh: Di Jepang, negara dengan mesin otomatis terbanyak, Coca Cola memiliki lebih dari 1 juta mesin
Menawarkan berbagai barang, seperti minuman ringan, kopi, permen, surat kabar,
majalah, dan lain-lain di berbagai tempat.
Contoh: Di Jepang, negara dengan mesin otomatis terbanyak, Coca Cola memiliki lebih dari 1 juta mesin
4. Layanan
Pembelian (Buying service)
Yakni pengecer tanpa toko yang melayani klien tertentu (biasanya karyawan organisasi besar) yang ingin membeli dari sejumlah pengecer yang setuju memberi diskon sebagai imbalan keanggotaan
Yakni pengecer tanpa toko yang melayani klien tertentu (biasanya karyawan organisasi besar) yang ingin membeli dari sejumlah pengecer yang setuju memberi diskon sebagai imbalan keanggotaan
Terdapat Marketing Mix Retailing, yaitu:
1. Keputusan
Produk
• keunggulan
suatu produk agar dapat diterima dan bertahan dipasar ditentukan oleh ciri khas
atau keunikan produk tersebut dibandingkan dengan produk yang lain yang ada
dipasar
• Kesesuaian
dengan kebutuhan lokal
• Ketersediaan
dengan produsen
2. Keputusan
Tempat
• lokasi
penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat digarapnya
• Pusat
Komunitas
• Pusat
Pembelanjaan daerah
3. Keputusan
Harga
• Kesesuaian
dengan daya beli lokal
• Harus
dibandingkan dengan pesaing lain
4. Keputusan
Pemasaran/ Promosi
• Tujuan
promosi adalah memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan.
• Mensurvei
masyarakat lokal
• Menyelidiki
atau meneliti pesaing
• Menggunakan
teknologi
• Menjual
pengalaman, bukan hanya barang
• Membuat
perbedaan antara pesaing
Dengan demikian rangkuman yang dapat saya buat, kurang
lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar